in

Kenali Apa Saja Ciri-Ciri Pinjol Legal agar Tidak Tertipu

Kenali Apa Saja Ciri-Ciri Pinjol Legal agar Tidak Tertipu
merahputihku.net

Ada banyak ciri-ciri pinjol legal atau resmi. Sehingga bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman online pastikan mengetahuinya. Tujuannya hanya untuk bisa memastikan tidak adanya penipuan. Apalagi megingat saat ini teknologi semakin maju dan berkembang. Sehingga banyak hal dapat dilakukan via online. Seperti halnya ketersediaan pinjol dalam dunia keuangan. Ada banyak jenis pinjol yang beredar di internet.

Untuk itu, sebelum menentukan pilihan pastikan jika pinjaman tersebut resmi dan aman. Kemudahan yang ditawarkan biasanya dapat dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Sehingga pinjaman yang seharusnya membantu justru bisa jadi malapetaka. Lantas bagaimana ciri-ciri pinjaman online legal atau resmi? Kami akan bahas selengkapnya.

Legalitas pinjaman online di Indonesia diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui POJK Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI). Setiap penyelenggara fintech lending, termasuk pinjaman online, wajib terdaftar dan berizin di OJK. Unuk memastikannya Anda dapat mengecek legalitas pinjaman online di situs OJK: https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/default.aspx.

Izin ini bertujuan agar perusahaan benar-benar memenuhi standar dan beroperasi sesuai dengan ketentuan pemerintah. Untuk itu, memastikan jika pinjol tersebut ilegal atau tidak, menjadi sebuah keharusan.

Berikut ini ada beberapa ciri ciri lain yang bisa Anda gunakan untuk menentukan apakah piinjol tersebut resmi atau tidak.

Transparansi Biaya

Pinjol legal memberikan transparansi dan kejelasan informasi. Mulai dari menampilkan informasi lengkap di website dan aplikasi. Menyediakan dokumen syarat dan ketentuan yang mudah dipahami. Menjelaskan semua biaya dan bunga secara rinci. Memberikan simulasi pinjaman dan tidak mencantumkan data pribadi di iklan.

Transparansi biaya pinjaman online legal merupakan hal yang sangat penting untuk melindungi konsumen dari praktik abusive. Bahkan membantu mereka membuat keputusan yang tepat. Pinjaman online legal harus menjelaskan secara rinci semua biaya yang terkait dengan pinjaman.

Biaya-biaya tersebut harus tersampaikan kepada calon peminjam secara jelas dan mudah pemahamannya sebelum mereka mengajukan pinjaman. Calon peminjam harus membaca dengan seksama dokumen tersebut sebelum menandatanganinya. Bahkan memahami ciri-ciri pinjol legal yang sebenarnya.

Tidak Meminta Jaminan dan Biaya Dimuka

Salah satu ciri-ciri pinjol legal yang lainnya adalah tidak meminta jaminan atau biaya di muka. Pinjol legal akan menjelaskan bunga dan biaya pinjaman secara rinci dan transparan sebelum Anda mengajukan pinjaman. Pastikan semua biaya yang terkait pinjaman telah Anda pahami.

Memiliki website dan aplikasi resmi yang profesional dan informatif. Pastikan website dan aplikasi tersebut memiliki alamat yang jelas dan terdaftar di Google Play Store/App Store. Selain itu, memiliki proses pencairan dana yang jelas dan tidak berbelit-belit. Dana pinjaman akan ditransfer ke rekening bank secara langsung.

Bunga Rendah

Pinjol legal menggunakan sistem penilaian risiko untuk menentukan tingkat bunga pinjaman. Peminjam dengan risiko kredit yang lebih tinggi akan terkena bunga yang lebih tinggi. Pinjaman dengan jangka waktu yang lebih pendek biasanya memiliki bunga lebih rendah daripada dengan pinjaman dengan jangka waktu yang lebih panjang. Selain itu, pinjaman dengan jumlah yang lebih besar biasanya memiliki bunga yang lebih rendah daripada pinjaman dengan jumlah yang lebih kecil.

Sebaiknya sebelum mengajukan pinjaman lebih teliti dalam memilih. Bahkan saat ini sudah beredar pinjol ilegal yang masuk di aplikasi dengan penawaran murah dan proses cepat. Namun dengan Anda tahu ciri-ciri pinjol legal, risiko tertipu akan jauh lebih kecil.

Pinjaman Online Tanpa Agunan yang Memiliki Legalitas OJK

Pinjaman Online Tanpa Agunan yang Memiliki Legalitas OJK

Pinjaman Online tanpa BI Checking

Pinjaman Online tanpa BI Checking Proses Mudah dan Praktis