in

Pinjaman Online Pelajar Alternatif untuk Keperluan Pendidikan

Pinjaman Online Pelajar
pixabay.com

Pinjaman online pelajar merupakan sebuah perusahaan finansial yang menyediakan layanan kredit atau pinjaman dana untuk para pelajar. Layanan ini dapat menjadi alternatif untuk pelajar agar bisa mendapatkan dana pinjaman tunai untuk berbagai keperluan sekolah, mulai dari kebutuhan sehari-hari untuk sekolah hingga biaya pendidikan.

Namun, tidak semua pelajar bisa mendapatkan fasilitas pinjaman ini. Sebab, kebanyakan platform pinjol menetapkan peraturan bahwa peminjam harus berusia 17 tahun ke atas atau telah memiliki KTP.

Pinjaman Online Pelajar
pixabay.com

Pinjaman Online Pelajar yang Aman

Pelajar yang tinggal jauh dari jangkauan orang tua, tentu selalu dibayangi oleh masalah seperti keuangan. Belum lagi biaya pendidikan yang menuntut untuk segera dibayarkan.

Salah satu solusi untuk permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan layanan pinjol atau pinjaman online. Apalagi sekarang ini sudah banyak platform pinjol yang memungkinkan pelajar untuk mendapatkan pinjaman dana tanpa agunan atau jaminan.

Meski begitu, pelajar harus sudah berusia 17 tahun ke atas atau telah memiliki KTP sebagai identitas diri. Meski masih pelajar dan belum mempunyai penghasilan tetap, pelajar tetap bisa mendapatkan fasilitas ini selama syarat dan ketentuannya terpenuhi.

Pastikan pula platform pinjol tersebut telah terdaftar pada OJK sehingga tidak akan menjerumuskan ke hal-hal merugikan. Agar tidak bingung akan memilih platform pinjol mana yang aman dan sesuai untuk pelajar, simak rekomendasinya berikut ini:

Easycash

Easycash merupakan pinjaman online resmi yang sesuai untuk para pelajar. Sebab, melalui platform ini pelajar tidak perlu menyertakan slip gaji dan tidak melakukan verifikasi kepada calon nasabah, baik melalui telepon video maupun kunjungan.

Calon pengguna hanya perlu melampirkan foto diri atau selfie dan juga KTP sebagai identitas diri. Dalam waktu kurang dari 5 menit, pihak Easycash akan memverifikasi pengajuan tersebut dan pengguna hanya perlu menunggu hingga proses persetujuan selesai.

Plafon pinjaman Easycash berkisar mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 5 juta rupiah dengan tenor 15 hari hingga 6 bulan. Suku bunga yang ditangguhkan dalam pinjaman sebesar 0,4% dengan biaya admin 10%.

Pinjaman Go

Pinjaman Go menawarkan produk pinjaman untuk pelajar tanpa perlu menyertakan agunan. Platform ini adalah anak perusahaan dari Sinarmas Group yang sudah mengantongi izin beroperasi resmi dari OJK.

Limit pinjamannya mencapai Rp 6 juta dengan tenor mulai dari 91 sampai 120 hari dan bunga 15% per tahun. Syarat untuk mengajukan pinjaman online pada platform ini cukup terjangkau, yaitu pelajar telah berusia 18 tahun ke atas, memiliki KTP, rekening bank dan nomor ponsel yang masih aktif.

Metode pembayaran pinjaman platform ini terbilang simpel dan fleksibel. Pihak Pinjaman Go akan memberikan SMS sebagai peringatan jatuh tempo dan melakukan pembayaran cicilan melalui transfer ATM.

Danadidik

Danadidik merupakan layanan pinjaman daring yang difokuskan pada pembiayaan pendidikan menggunakan sistem peer-to-peer lending. Pinjaman dapat mencapai Rp200 juta dengan jangka waktu hingga 24 bulan, dan tingkat bunga bervariasi antara 0% hingga 30% per tahun. Program Danadidik Jobs juga menyediakan kesempatan untuk pekerjaan sampingan.

Untuk mengajukan pinjaman, terdapat empat syarat utama, yaitu menjadi warga negara Indonesia, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), terdaftar di perguruan tinggi, dan memiliki orang tua atau wali dengan penghasilan.

Danacita

Sementara itu, Danacita adalah platform pinjaman daring khusus bagi pelajar online yang memiliki kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga kursus. Pinjaman dapat debitur peroleh dengan tenor hingga 24 bulan, dengan biaya platform dimulai dari 1,3% per bulan. Selain itu, terdapat biaya persetujuan sebesar 3% dari total pinjaman yang perlu debitur bayarkan.

Kredinesia

Kredinesia merupakan perusahaan fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang telah mengantongi izin dan legalitas resmi dari OJK. Artinya, platform ini berperan sebagai perantara bertemunya pemberi pinjaman dengan pelajar yang memerlukan pinjaman.

Aplikasi Kredinesia ada pada layanan toko aplikasi masing-masing smartphone. Bisa juga melalui layanan resmi yang telah disediakan.

Pelajar perlu menyertakan foto KTP asli dan foto selfie dengan KTP sebagai identitas diri. Kemudian, pihak Kredinesia akan melakukan verifikasi melalui telepon kepada calon peminjam dan kontak darurat yang dicantumkan.

Karena proses verifikasi ini layanan Kredinesia memerlukan waktu sekitar 1 hari untuk mengelola data calon peminjam. Selain itu, limit pinjaman Kredinesia tergolong rendah, yaitu Rp 600 ribu sampai Rp 2 juta dengan tenor yang pendek mulai dari 14, 21 hingga 30 hari.

Pinjaman online pelajar tersebut dapat membantu mereka untuk mendapatkan dana tambahan untuk keperluan pendidikan. Sebagai saran, sebaiknya perhatikan kesanggupan finansial dan legalitas dari platform pinjaman itu sendiri sebelum menggunakannya.

Pinjaman Online DanaBijak

Syarat dan Alur Dalam Mengajukan Pinjaman Online DanaBijak

Panduan Lengkap Pinjaman UangMe: Solusi Dana Cepat dan Aman